Jumat, 29 Mei 2020

Apa itu Detasemen Retina dan Bagaimana Cara Diobati?

Dari banyak masalah penglihatan yang mungkin dialami orang, ablasi retina bisa menjadi salah satu yang paling serius. Kondisi yang mengancam penglihatan ini memiliki berbagai penyebab yang

berbeda, dan harus ditangani sesegera mungkin untuk menghindari kehilangan penglihatan dan mempertahankan tingkat penglihatan yang baik.



Untungnya, ablasi retina sepenuhnya dapat diobati selama tindakan diambil segera. Berikut adalah panduan untuk kondisi mata ini dan langkah-langkah yang harus diambil untuk menghentikan degenerasi makula terkait usia perkembangannya dari maju ke tingkat yang tidak dapat diobati.

Ablasi retina adalah suatu kondisi di mana retina di mata mulai terlepas dari jaringan pendukung yang terletak di belakangnya. Kehilangan penglihatan dapat terjadi karena ketika retina terlepas itu tidak dapat berfungsi dengan baik karena kurangnya aliran darah dan oleh karena itu oksigen dan nutrisi yang diperlukan.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi ini muncul, termasuk cedera pada mata atau wajah. Kondisi ini juga dapat terjadi pada individu yang rabun dekat, dan juga dapat terjadi setelah operasi seperti operasi mata LASIK dan operasi katarak. Pasien yang memiliki LASIK sudah beresiko lepas retina karena mereka memiliki pandangan pendek, meskipun operasi LASIK itu sendiri tidak mengarah ke ablasi retina dalam periode jangka pendek hingga menengah.

Ada beberapa gejala klasik yang terkait dengan ablasi retina, termasuk munculnya kilatan cahaya tiba-tiba, bintik hitam, bayangan dalam penglihatan, dan floaters. Semua ini dapat menyebabkan robekan pada retina atau ablasi retina, dan penting untuk mencari bantuan medis segera ketika gejala-gejala yang sangat terlihat ini terjadi.

Beberapa gejala lain dapat termasuk distorsi penglihatan dan kabur pada ablasi retina yang lebih parah, meskipun tidak ada rasa sakit yang biasanya terkait dengan ablasi retina. Biasanya, hanya satu mata yang terpengaruh, dan pelepasan retina sangat tidak mungkin memengaruhi lebih dari satu mata sekaligus, meskipun kedua mata akan diperiksa oleh ahli bedah retina untuk setiap masalah pada mata yang tidak terpengaruh.

Karena ini adalah kondisi yang mendesak, menghubungi dokter Anda segera adalah penting, dan jika dokter umum Anda mencurigai bahwa ablasi retina adalah masalah, Anda biasanya akan dirujuk ke ahli bedah vitreoretinal pada hari yang sama.

Terlepas dari potensi parahnya masalah, bertindak cepat berarti bahwa sebagian besar orang dapat menghindari kehilangan penglihatan secara total atau sebagian di mata itu. Seperti banyak kondisi medis, semakin lama tidak diobati, semakin tinggi kemungkinan konsekuensi parah dan kebutaan.

Ada beberapa jenis perawatan untuk ablasi retina, termasuk opsi operasi vitreoretinal seperti vitrectomy dan scleral buckling. Vitrectomy dan scleral buckling sejauh ini merupakan jenis operasi vitreoretinal yang paling umum digunakan, sebagian besar tergantung pada usia pasien dan status jeli vitreous pada pasien.

Vitrektomi bekerja dengan mengeluarkan cairan dari pusat mata dan menggantinya dengan gelembung gas, yang berfungsi untuk mendorong retina yang terlepas kembali ke jaringan pendukungnya. Operasi ini tanpa jahitan dan invasif minimal dengan pemulihan cepat dengan 1 hingga 2 minggu setelah operasi. Scleral buckling, di sisi lain, membutuhkan pelekatan pita kecil ke luar mata, menekan mata ke dalam dan karenanya memungkinkan retina untuk menyambung kembali ke jaringan pendukungnya.

Jenis operasi vitreoretinal yang digunakan semua akan tergantung pada rekomendasi dari ahli bedah vitreoretinal, meskipun dimungkinkan untuk mendapatkan pendapat kedua dari ahli bedah retina lain jika pasien bertindak cepat. Ada beberapa komplikasi untuk melakukan operasi apa pun pada memperbaiki visi membaca, dan keberhasilan operasi juga tergantung pada sejumlah faktor.

Untuk informasi lebih lanjut tentang ablasi retina, penyebab dan gejalanya, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan ahli bedah vitreoretinal. Spesialis mata seperti ini akan dapat memberikan saran terperinci tentang kondisi dan semua aspek operasi vitreoretinal.

0 komentar:

Posting Komentar