Selasa, 05 September 2017

Sistem Air dan Sistem Freon Serta Sistem Instalasi AC Central

Loboto Miare Solve - Loboto Miare Solve -  AC sentral adalah sistem pendinginan ruangan yang dikontrol dari satu titik atau tempat dimana proses pendinginan udara terpusat pada satu lokasi yang kemudian didistribusikan/dialirkan ke semua arah atau lokasi (satu Outdoor dengan beberapa indoor). sesuai dengan ukuran ruangan dan isinya dengan menggunakan saluran udara. Nah untuk instalasi AC Central di perlukan untuk sistem AC pada gedung ataupun bangunan yang lain.


Saat ini ada dua sistem AC Central yang banyak dipakai untuk pendinginan ruangan yaitu : Sistem Air dan Sistem Freon.

2.Sistem Air           
 Pada AC sentral sistem air, media pembawa dingin yang berjalan dalam pipa distribusi adalah air / water. sedangkan pada sistem freon, media yang dipakai untuk membawa dingin adalah gas freon. sistem air memiliki kelebihan dapat digunakan dalam skala ruangan yang besar / gedung bertingkat atau mall yang berukuran besar. sedangkan sistem freon hanya dapat dipakai dalam sistem yang tidak terlalu besar / jauh jaraknya antara unit indoor dan outdoor.

3.Sistem Freon

 Pada AC sentral sistem freon, unit AC Central yang dikenal biasa disebut dengan Split Duct. Prinsip kerjanya hampir sama dengan sistem ac split biasa, akan tetapi lubang udaranya menggunakan sistem ducting / pipa dan pada tiap-tiap keluaran udaranya menggunakan diffuser. dan untuk  mengatur besar kecilnya udara yang keluar digunakan damper.
 Kelebihan daripada sistem ac central split duct ini adalah pendistribusian dinginnya merata pada setiap ruangan dan komponen yang dipakai tidak terlalu banyak karena hanya menggunakan unit indoor, condensing unit / outdoor ac, dan ducting ac / saluran ac.

Secara garis besar, sistem AC Central terbagi atas beberapa komponen yaitu :
  • Chiller / Condensing Unit / Outdoor AC
  • AHU (Air Handling Unit)
  • Ducting AC / saluran ac
  • Cooling Tower
  • Pompa Sirkulasi
  • Pemipaan

0 komentar:

Posting Komentar